December 7, 2023

Tur Dunia BABYMETAL 2023 hadir di Inggris : Jarang ada metal yang tampak lebih menggembirakan, penuh kemenangan, dan benar-benar inovatif

 

Hampir satu dekade setelah album debut self-titled mereka, BABYMETAL menjadi pemimpin bagi generasi bintang metal berikutnya.

Ketika mereka sudah berusia sepuluh tahun sejak perilisan album debut self-titled mereka, wajar jika dikatakan bahwa BABYMETAL telah berkali-kali membuktikan bahwa mereka lebih dari sekedar gimmick.


Setelah dua pertunjukan yang terjual habis di Roundhouse London, tidak mengejutkan melihat antrean mengular di sekitar blok dari Wolverhampton Civic saat pintu dibuka. Berbagai usia melewati pintu ini - para metalhead jadul, remaja, dan bahkan anak-anak menyeret orang tua mereka yang tampak gugup bergegas masuk untuk menghindari dinginnya malam di bulan November.

Untungnya, pembuka Vukovi memiliki penawarnya. Sebagai bintang yang sedang naik daun, merek alt rock yang melenting dan mendorong dari trio Skotlandia ini merupakan pemanasan yang ideal untuk malam itu. "Tujuan utama kami malam ini adalah membuat semua orang bersiap untuk GO untuk BABYMETAL!" akui vokalis Janine Shilstone.

Dia segera memimpin Wolverhampton melalui mosh pit yang energik, menyatakan kecintaannya pada energi "liar" dari penonton Midlands saat riff riff untuk lagu-lagu seperti Lasso menawarkan jumlah bobot yang mengejutkan meskipun paduan suara ramah pop melonjak. Dengan demikian, Vukovi adalah cermin sempurna bagi para headliner, memadukan daya tarik mainstream dan berat dengan cara yang terasa benar-benar menarik dan segar, lagu-lagu seperti Mercy Kill dan Slo memanfaatkan kepekaan radio dari Bring Me The Horizon atau Biffy Clyro, sementara La Di Da menendang seperti keledai yang marah.

Dalam banyak hal, tahun 2023 telah mengantarkan Babymetal melakukan soft reboot. Kembali dari istirahat 12 bulan pada tahun 2022 lalu, band ini mengumumkan album keempat mereka The Other One akan menjadi rekaman konsep berdasarkan pengetahuan band. Ini juga menawarkan suara yang jelas lebih dewasa dan ambisius, membuang sebagian energi bersoda dari tahun-tahun awal band demi visi yang lebih megah sesuai dengan lingkup ambisius karir mereka hingga saat ini.

Pertunjukan di arena di Jepang pada bulan April mengungkapkan bahwa mereka telah resmi menjadi trio lagi dengan perekrutan "Momometal" yang mengantarkan era baru. Pada akhir bulan itu, BABYMETAL kembali ke Inggris untuk mendukung pahlawan power metal Sabaton di Wembley Arena, sebuah perayaan menggembirakan yang juga menandai penampilan pertama mereka di Inggris sejak tahun 2019.

Sejak awal, penonton sangat gembira dengan kedatangan band tersebut. Setelah lebih dari satu dekade, tanggapan penggemar BABYMETAL terhadap pertunjukan live mereka merupakan bagian besar dari penampilan mereka seperti halnya koreografi band itu sendiri, mulai dari melambaikan kitsune hingga melambaikan kaos dan bandana untuk PA PA YA!! dan meneriakkan "B-A-B-Y-M-E-T-A-L DEATH" yang mengawali pertunjukan.

Meskipun suara band mungkin telah berkembang dengan The Other One, mereka tidak mengabaikan favorit penggemar. Gimme Chocolate!! adalah lagu kedua dan masih tetap menggembirakan dan unik seperti satu dekade yang lalu, deru motor gitar menyatu dengan chorus yang hiperaktif, para penggemar bahkan dengan gagah mencoba bernyanyi bersama dengan perasaan energi manis dan kegembiraan yang menggebu-gebu.

BABYMETAL bahkan berhasil memasukkan beberapa "penampilan" tamu sebagai bagian dari set-up mereka dengan layar besar yang menampilkan rapper Thailand F. Hero saat penampilan PA PA YA!! dan Tom Morello untuk single terbarunya METALI!!, yang terakhir juga memamerkan keterampilan band Kami sendiri dengan banyak solo yang membangkitkan rasa kebanggaan Eddie Van Halen.

Disitulah letak salah satu hal paling cemerlang tentang Babymetal. Campuran band ini dari kiasan heavy metal klasik dan elemen progresif memungkinkan mereka melewati batasan generasi, sebuah fenomena kontemporer yang tidak dapat disangkal dan masih menghormati heavy metal klasik.

Meskipun tarian ketiganya sangat mengesankan, popularitas BABYMETAL tidak akan bertahan lama jika mereka tidak memiliki lagu-lagu brilian untuk mendukung semuanya. Lagu-lagu baru seperti Mirror Mirror dan Monochrome terdengar sangat menaklukan dunia dengan gitar yang melambung tinggi dan "woah-oh-ohs" yang memikat penonton, sementara lagu-lagu lama seperti Headbangeeeeerrrrr!!!!! memanfaatkan beban yang Anda harapkan lebih dari band seperti Code Orange, bukti kapasitas BABYMETAL  untuk memadukan gaya dengan cara yang unik.

Dengan lebih dari 80 menit di atas panggung, band ini membawakan setiap lagu dengan energi yang tak terhentikan dan kegembiraan yang menular sehingga tidak ada pertanyaan tentang bagaimana mereka berhasil mengambil tempat sebagai salah satu kisah sukses terbesar metal abad ke-21.

Meskipun materi barunya sangat ringan - hanya tiga lagu dari set yang dirilis pada tahun 2023 - fakta bahwa BABYMETAL telah menyiapkan pertunjukan sepanjang tahun 2024, termasuk kembalinya ke Download Festival, menunjukkan bahwa ini mungkin hanya sekedar pemanasan untuk hal-hal yang lebih besar datang. Seperti yang dikatakan oleh band itu sendiri - Only The Fox God Knows.

Sumber : Loudersound
Translate dan Edit Oleh Admin DV

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel