September 1, 2023

DI DALAM KELAHIRAN KEMBALI BABYMETAL: "INI ADALAH AWAL BARU"

 

Penghasut Kawaii Metal kini "membuka pintu baru" di 'The Other One' dan kembali ke bentuk trio

Dapatkan The Other One dari BABYMETAL dengan vinil berwarna eksklusif di toko

Jika Anda pikir Anda sudah mengetahui semuanya tentang BABYMETAL, yakinlah bahwa Anda bahkan belum mendekatinya.

Fenomena crossover kawaii-metal asal Jepang ini telah menghabiskan satu dekade terakhir yang menyenangkan bagi penonton di seluruh dunia dengan gaya musik heavy modern mereka yang lantang, bangga, dan sangat menarik. Memadukan kekuatan dan kepolosan J-pop dengan musik yang meronta-ronta, masif, dan siap di stage. Semuanya terbungkus dalam lapisan tebal mitologi tingkat dewa yang luas dan padat.


Sejak BABYMETAL muncul di tahun 2014 dengan debut self-titled mereka, suara mereka yang menular telah membuat mereka menjadi pembuka bagi semua band mulai dari Metallica, Avenged Sevenfold dan Guns N' Roses hingga Korn, Lady Gaga dan Red Hot Chili Peppers.

Tiket terjual habis selama dua malam di Tokyo Dome yang berkapasitas 55.000 penonton di negara asal mereka. Mereka adalah band Jepang pertama yang tampil di Wembley Arena di Inggris dan tampil di panggung utama Festival Glastonbury kemudian mereka memadati stadion L.A. The Forum yang ikonik, dan ini hanyalah beberapa hal menarik dari perjalanan BABYMETAL sejauh ini.

Mereka juga termasuk sejumlah bangsawan rock dan metal di antara basis penggemar mereka yang berkembang pesat. Rob Halford telah bergabung dengan mereka di atas panggung untuk membawakan "Painkiller" dan "Breaking the Law" milik Judas Priest, Bring Me the Horizon membawakan mereka pada lagu "Kingslayer", dan gitaris Polyphia Tim Henson dan Scott LePage serta Alissa White dari Arch Enemy menjadi bintang tamu di rekaman METAL GALAXY 2019 mereka.

Melalui masing-masing rilisan mereka yang mendapat pujian kritis (yang secara rutin menempati posisi Top 10 di tangga lagu Album Dunia Billboard), mereka telah membangun dunia musik dan tematik yang khas. Dipenuhi dengan pemujaan FOX GOD, ekspedisi galaksi, dan banyak lagi. Visi besar BABYMETAL terus berkembang menjadi novel grafis, video ambisius, dan seterusnya.

Namun pada tahun 2023 BABYMETAL mengambil perubahan tajam ke arah yang berbeda. Ini menunjukan  SU-METAL dan MOAMETAL ke dalam realitas alternatif untuk menciptakan rekaman paling pribadi mereka dan menghasilkan kelahiran kembali mereka yang penuh kemenangan sebagai trio dengan anggota baru MOMOMETAL, yang akan bergabung dengan mereka dalam tur co-headlining Amerika Utara yang sangat dinantikan bersama Dethklok pada musim gugur ini.


Katalis perubahan ini adalah album konsep baru mereka THE OTHER ONE. Ceritanya, masing-masing dari 10 lagu ekspresifnya berakar pada 10 alam semesta paralel berbeda dalam dimensi yang disebut METALVERSE.

Berekspansi melampaui dunia dance poppy ke atmosfer post-metal dan hard-rock yang lebih atmosferik adalah rute ambisius yang harus diambil untuk album keempat mereka. Namun, itu adalah sebuah perjalanan yang diketahui oleh vokalis MOAMETAL "untuk menemukan BABYMETAL yang tidak pernah kita ketahui".

“Untuk mengeksplorasi sisi baru itu memerlukan banyak perencanaan, diskusi, dan persiapan,” lanjut MOAMETAL. "Dan selama proses itu, tentu saja tidak semudah itu. Itu adalah tantangan yang terkadang mengejutkan kami. Namun kami selalu [menjadi] tim yang menantang diri kami sendiri untuk [melakukan] sesuatu yang baru, jadi kami akan terus menuntut maju!"

Mencoba untuk terus maju dan menantang kepercayaan stereotip yang dimiliki beberapa orang tentang band ini bahwa mereka hanyalah gimmick, sebuah tren sambil mendalami filosofi, mitologi, dan resonansi emosional terdengar seperti pekerjaan berat yang sangat berat.

Namun ketika Anda memiliki etos kerja dan berkendara seperti BABYMETAL, itu sudah menjadi kebiasaan. Mereka begitu percaya diri dengan dunia baru yang mereka bangun sehingga mereka berbagi cuplikan dengan penggemar saat mereka pergi, sehingga memberi mereka wawasan tentang perjalanan artistik band yang menakjubkan.

“Mereka yang membeli BLACK BOX [THE OTHER ONE] dapat memiliki akses ke situs web eksklusif di mana mereka dapat mendengarkan bagian dari lagu baru,” jelas vokalis utama SU-METAL.

“Mereka hanya dapat mendengarkan suara gitar atau bagian lain dari lagu secara bertahap, dan mereka akan dapat menikmati kemajuan dari bagaimana lagu-lagu tersebut dibuat. Saya senang bahwa penggemar kami dan Saya berbagi pengalaman itu."

“Hingga saat ini, lagu-lagu BABYMETAL relatif mudah dibedakan karena lirik dan melodinya yang cukup catchy,” lanjut SU-METAL. “Kali ini, kami menciptakan sesuatu pada level yang lebih dalam dan merasa seperti kami membuka pintu baru."

"Lagu-lagu di album ini didasarkan pada foto dan mitologi, banyak di antaranya yang lebih filosofis, dan Anda menemukan sesuatu yang baru setiap kali mendengarkannya."


Ambil contoh "Mirror Mirror", lagu yang menurut SU-METAL dan MOAMETAL melambangkan proses kreatif baru mereka. Sebuah lagu yang bernuansa tech-metal, atmosfer yang membumbung tinggi, dan melodi yang penuh makna, lagu ini familiar sekaligus baru.

Dan ketika Anda menyelam lebih dalam lagi, Anda akan menemukan sebuah lagu yang menganalisis diri sendiri, mentah dan padat seperti puisi yang paling menyayat hati.

“Diri yang dilihat orang lain dan diri yang Anda kenal adalah dua hal yang berbeda. Namun untuk melihat diri Anda sendiri, Anda harus bercermin,” kata SU-METAL.

"Tetapi apakah diri yang ada di cermin itu benar-benar diri yang sebenarnya? Dimana diriku yang sebenarnya? Aku merasa lagu ini benar-benar mengekspresikan dualitas tersebut."

"Ini juga terdengar seolah-olah itu adalah lagu yang terdengar ringan, tetapi jika Anda mendengarkan dengan cermat, suara-suara berat terjalin di sepanjang lagu. Saya juga menyukai lirik bahasa Inggris dan Jepang yang hadir dalam lagu tersebut."

Di bagian lain di THE OTHER ONE, "Believing" berfokus pada bagaimana, seperti musim, kita tidak bisa tetap sama seperti dulu, sementara "Time Wave" mempertanyakan siklus kehidupan dan "Monochrome" yang agung menyambut Anda untuk melihat ke atas. di langit dan nikmati keajaiban warna teknisnya.

Lagu-lagu di album baru ini berfungsi sebagai pengingat bahwa Anda tidak boleh berhenti belajar tentang diri Anda dan dunia di sekitar Anda , dan membuktikan bahwa BABYMETAL telah berkembang sebagai manusia dan musisi hebat selama dekade terakhir.

“Kami telah bersama sebagai BABYMETAL selama lebih dari 10 tahun, namun bertemu dengan sisi lain BABYMETAL yang tidak pernah kami ketahui keberadaannya adalah sebuah pengalaman baru,” MOAMETAL menawarkan. “Saya merasa seluruh pengalaman itu membuat kami semakin kuat.”

Dia berhenti. “Dari sudut pandang FOX GOD, dia hanya ingin kita mencoba hal baru dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.”


Eksplorasi BABYMETAL terhadap dunia baru yang sensasional mungkin membuatnya tampak seperti entitas yang benar-benar berbeda sedang berperan di sini. Namun tujuan dan nilai inti mereka masih utuh.

Komunitas, ekspresi, individualitas, dan semangat.  Hal-hal tersebut tidak akan pernah berubah dan akan terus menjadi inti dari pertunjukan live mereka yang rumit, yang tetap menjadi sumber kehidupan mutlak dari BABYMETAL dan akan selalu ada.

Tepatnya, band ini juga membuat perubahan menarik dengan pertunjukan live tersebut. Setelah menjadi duo sejak kepergian YUIMETAL pada tahun 2018, BABYMETAL telah mengumumkan bahwa Momoko Okazaki (yang pernah menjadi bagian dari grup back dancer mereka, AVENGERS) telah dipromosikan menjadi anggota resmi ketiga, yang diberi nama MOMOMETAL.

Alasan kembalinya konfigurasi trio mereka? Untuk membuat pertunjukan live mereka menjadi lebih spektakuler dari sebelumnya.

"Melihat setiap orang di antara penonton dengan mata kepala saya sendiri selalu sangat bermanfaat," MOAMETAL menunjukkan hubungan mereka dengan para penggemarnya.

“Sungguh mengharukan bagi kami bahwa kalian semua telah dengan sabar menunggu kami kembali melakukan tur ini dan kemudian kami dapat melihat kalian dari panggung. Hatiku dipenuhi dengan rasa syukur."

"Dan melihat semua orang bergembira dan berteriak untuk kami membuat kami sangat bahagia. Sangat menyenangkan mendengar suara semua orang selama bagian panggilan dan respons 'Monochrome' dan 'Road of Resistance', khususnya."

Rencana live tersebut sudah berjalan, dengan band ini baru-baru ini melakukan tur bersama Sabaton di Inggris dan Eropa. Akhir tahun ini, mereka akan kembali ke panggung Amerika Utara dengan Dethklok, inkarnasi live dari band heavy-metal animasi paling terkenal di dunia, untuk menjadi headliner bersama BABYKLOK Tour.

Dan meski mengakui bahwa mereka belum pernah menonton episode apa pun dari serial Metalocalypse milik band tersebut, BABYMETAL sangat bersemangat untuk terjun ke dunia baru yang teliti, kreatif, dan fantastis seperti milik mereka.

“Sudah lama sejak terakhir kali kami melakukan tur di AS dan kami belum kembali sejak pandemi ini. Jadi saya berharap dapat bertemu kembali dengan banyak penggemar kami serta bertemu penggemar baru juga,” seru MOAMETAL.

"Sayangnya, Metalocalypse tidak tayang di Jepang, jadi saya belum pernah melihatnya. Tapi sebelum tur dimulai, saya ingin memastikan bahwa saya punya kesempatan untuk melihat episode Metalocalypse dan menemukan karakter favorit! apakah mereka tahu tentang kami? Saya harap mereka juga merasa bersemangat untuk melakukan tur bersama kami!"


Dia melanjutkan, tentang kegembiraan yang dapat dibawa oleh sebuah serial animasi, "Saya suka anime yang berfokus pada karakter wanita yang murni, kuat, dan baik hati. Salah satu anime favorit saya adalah NausicaƤ of the Valley of the Wind. Sama seperti NausicaƤ, saya ingin menjadi seseorang yang tulus mencintai manusia dan alam serta memiliki tekad yang kuat."
“Sejak saya masih sangat muda, saya sangat menikmati menonton Ojamajo Doremi, dan itu menjadi favorit sepanjang masa bagi saya. Baru-baru ini, anime yang saya sukai berjudul Bocchi the Rock! Semua judul inilah yang membuat saya terpesona. saya [siapa saya] hari ini, dan saya akan terus menonton banyak anime!"
Inspirasi dapat ditemukan di setiap sudut kehidupan (dan setiap dunia di METALVERSE), dan itulah yang menjadi fokus BABYMETAL saat ini. Dari hal-hal yang mereka sukai dan pelajari semasa remaja yang membantu memulai kreativitas mereka, hingga dorongan dan ambisi yang membuat mereka menjadi sensasi musik yang tak terbantahkan, hingga pengungkapan yang mengejutkan, memuaskan, dan mendalam dari THE OTHER ONE itu telah menjadi perjalanan penemuan yang berbeda dari yang lain.
Tapi itu tidak berarti mereka melambat. Ada lebih banyak hal yang harus dibahas, lebih banyak rahasia untuk dibagikan, dan lebih banyak kenangan yang harus dibuat. Dengan MOMOMETAL yang kini berada di sisi mereka, trio sekali lagi kini ada rangkaian pengalaman hidup lain yang dapat dimanfaatkan.
Versi lain dari BABYMETAL dan cara baru dalam memandang berbagai hal telah siap dan menunggu untuk ditemukan. Kemungkinannya tidak terbatas seperti bintang di langit, dan tidak ada yang lebih menarik dari itu.
Namun SU-METAL lah yang merangkumnya dengan baik, dalam lima kata yang sederhana namun kuat.
"Ini adalah awal yang baru."
Bantuan Penerjemahan BABYMETAL oleh Tyler Mariko Mcabee

Sumber : Revolver Mag
Translate (Indonesia) dan Edit oleh Admin DV

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel