September 13, 2023

BABYMETAL & DETHKLOK: THE MOST NOVEL SHOW IN METAL

Metal tidak asing dengan sandiwara yang berlebihan.

Dari Ghost hingga Behemoth hingga Sleep Token, banyak band menjadikan pertunjukan live mereka sebagai tontonan visual. Meskipun band-band yang disebutkan di atas mungkin menghabiskan lebih banyak uang untuk produksi rumit ini, mungkin tidak ada yang seunik BABYMETAL dan Dethklok. Perbandingan dapat dilakukan antara Behemoth dan Ghost atau Sleep Token dan Slipknot, tetapi tidak ada band lain yang serupa dengan apa yang dilakukan BABYMETAL dan Dethklok secara live.


"Saya belum pernah melihat pertunjukan metal seperti ini"

Malam itu dibuka oleh Jason Richardson dari Born of Osiris, Chelsea Grin, dan All That Remains yang terkenal.

Sebagai artis solo, ia menampilkan keahlian gitar yang luar biasa. Dia adalah satu-satunya pemain yang bermain sebagai backing track dan karena itu harus sibuk di atas panggung agar energinya tetap mengalir. Dia melakukan pekerjaan yang mengagumkan, tetapi karena tuntutan dan teknis musiknya, dia tidak punya pilihan selain berdiri diam dan berkonsentrasi pada bagian yang dia mainkan. Musiknya sendiri sangat mengesankan bagi seorang nerd gitar seperti saya, tetapi pertunjukan live-nya menderita karena tidak ada musisi lain di panggung yang mendukungnya.



Berikutnya adalah Dethklok.

Band ini menyembunyikan diri mereka dalam bayang-bayang. Anda hanya dapat melihat siluetnya karena cahaya di belakangnya hanya membuat garis luarnya terlihat. Fokusnya adalah pada layar raksasa di belakang band yang menampilkan animasi yang menyertai lagu-lagunya. Yang menarik bagi para penggemar Metalocalypse adalah animasinya tidak hanya diambil dari cuplikan acara televisi atau film. Ini adalah cuplikan baru yang dibuat khusus untuk pertunjukan langsung Dethklok. Sementara itu, band ini terdengar sempurna. Suara Brendon Small terdengar kuat. Dia terdengar lebih baik saat live daripada rekaman Nathan Explosion dan nada gitarnya juga jernih.

"Saya sudah menjadi penggemarnya tetapi saya semakin terkesan dengan dia sebagai seorang musisi meskipun saya menemukannya melalui televisi."






Kemudian untuk menutup pertunjukan, BABYMETALbenar-benar menyamakan kedudukan.

Sejujurnya saya belum pernah melihat yang seperti ini di pertunjukan metal sebelumnya. Ketika mereka naik ke atas panggung, kerumunan orang meledak menjadi hiruk-pikuk tubuh yang melompat-lompat dan meronta-ronta. Sekarang saya punya gambaran bagaimana rasanya ketika megafans berada di hadapan bintang pop. Sanjungan dan kegembiraan terlihat jelas di udara. Itu seperti perpaduan antara rave, mosh pit, dan ritual dalam satu kesatuan. Pertunjukannya juga berlangsung seperti pertunjukan pop besar. Gadis-gadis ini memiliki produksi yang kompleks dan koreografi tarian rutin yang disesuaikan dengan setiap lagu. Rutinitas kardio mereka harus ketat!

"Perbedaan antara pertunjukan Babymetal dan pertunjukan pop lainnya adalah mereka tidak menyanyi dengan backing track, ada band sungguhan yang menampilkan musiknya."






Band bertopeng yang menyerupai Ghost atau Slaughter to Prevail menyajikan musik penghancur metal yang mulai dari alur thrashy hingga djent modern. Sementara itu, para gadis dengan rutinitas sinkop mereka tampil dengan lebih banyak energi dan antusiasme dibandingkan penampilan hafalan pop. Itu sungguh tidak nyata.



“Jika tur Babyklok datang ke kota Anda, saya sarankan untuk membeli tiket, kecuali untuk tontonan megah dan kebaruannya. Anda benar-benar tidak akan melihat hal lain seperti itu”

Jon Barbas

Sumber : Metal Digest
Translate dan Edit oleh Admin DV

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel