March 7, 2024

BABYMETAL Jawab Pertanyaan Penggemar Tentang Cover Kolaborasi dan Line-up Festival Mereka

 

"Saya akan meng-cover Metallica's St. Anger": BABYMETAL bicara tentang touring, kolaborasi, dan membuka pintu bagi metal Jepang.

BABYMETAL menjawab pertanyaan kalian tentang rutinitas menari, susunan acara festival impian, dan jenis video game yang ingin mereka jadikan soundtrack

Mendekati satu dekade sejak perilisan album debut mereka, BABYMETAL telah berevolusi dari sebuah band 'aneh' menjadi bagian penting dari cakrawala metal. Dari empat rekaman mereka, band ini telah beralih dari nada awal ‘J-pop bertemu speed metal’ untuk menggabungkan segala hal mulai dari nu metal dan hip hop hingga folk, simfoni, dan power metal, sehingga menghasilkan jutaan penggemar di seluruh dunia.

Masuknya Momometal pada tahun 2023 lalu membawa band ini kembali menjadi trio, dan pertunjukan di Inggris yang terjual habis pada bulan November menunjukkan betapa kuatnya era baru ini bagi BABYMETAL. Dengan pertunjukan Download Festival di depan mata, MetalHammer menjawab pertanyaan kalian untuk ketiganya dan berdoa kepada Dewa Rubah agar kami mendapatkan jawaban…

----------------------------------------------------------

Menurut Anda mengapa musik Anda menarik bagi banyak generasi dan demografi yang berbeda?

Su-metal: “Kami profesional, tidak terikat batasan. Kami berusaha untuk tampil dengan kemampuan terbaik kami. Karena begitu banyak orang yang terlibat, saya percaya bahwa apa pun sudut pandang Anda terhadap apa yang kami produksi, hasilnya akan berhasil, dan reaksi orang-orang yang tumbuh di bidang [kreatif] yang berbeda akan menciptakan sesuatu yang baru dan menarik. Kami baik-baik saja dengan perubahan dan dikritik. Inilah cara kami berkembang sebagai sebuah grup, jadi menurutku banyak orang menganggap kami menarik.”

Momometal: “Jika saya mendengarkan Babymetal untuk pertama kalinya tanpa mengetahui apa pun tentang kami, saya pikir itu adalah jenis musik yang akan langsung menarik perhatian Anda. Hal ini terutama berlaku bagi orang yang baru pertama kali mendengarkan musik metal. Saya seperti itu! Karena ada begitu banyak frase dan melodi yang menarik, aku merasa semakin ketagihan, ingin mendengarkan lagu lain juga.”

Apakah menurut Anda Babymetal membuka pintu bagi lebih banyak band metal Jepang?

Su-metal: “Beberapa orang mengatakan bahwa musik BABYMETAL menginspirasi mereka untuk tertarik pada budaya Jepang dan mendengarkan musik band Jepang lainnya, jadi saya akan senang jika bisa menjadi jembatan antara semua jenis musik.”

Jika Anda bisa memasukkan musik Anda ke dalam videogame, jenis game apa yang Anda pilih? 

Moametal: “Megitsune dan METALI!! penuh dengan unsur Jepang. Bagaimana dengan sebuah game di mana seorang ninja yang melarikan diri dari negeri ninja menjadi warga negara biasa, dan melanjutkan pencariannya untuk menjadi pekerja kantoran atau guru atau semacamnya, dan bertujuan untuk menjadi yang terbaik dalam berbagai profesi? Gimme Chocolate!! sangat cocok untuk dunia koki pastry!”

Momometal: “Saya yakin game bertipe pertarungan pasti cocok untuk kami. Silakan dapatkan Divine Attack pada klimaksnya! Selain itu, saya tidak tahu apakah ini bisa berupa videogame, tapi mungkin video game yang memungkinkan Anda membuat desa band favorit Anda sendiri. Kita bisa membuat village metal yang besar, BABYMETAL Village! Dan terkadang ada acara, seperti festival [Village]. Saya ingin memainkan permainan di mana Anda dapat menyesuaikan kostum dan set panggung Anda sendiri.”

Apa hari terbaik yang pernah Anda alami dalam tur, dan apa yang membuatnya istimewa?

Su-metal: “Sulit untuk memilih hanya satu hari karena saya memiliki begitu banyak kesenangan setiap hari, tapi hari yang paling berkesan tahun ini adalah pertunjukan pertama di bulan Januari setelah penutupan aktivitas live kami. Ketika saya mendengar sorak-sorai penonton untuk pertama kalinya dalam dua tahun, saya menyadari, ‘Saya kembali, saya bisa bertahan di sini. Betapa berharganya tempat ini bagiku.’

Sebelumnya, kami telah banyak berlatih, namun meskipun kami menyanyi dan menari mengikuti lagu yang sama, kenikmatannya benar-benar berbeda. Saya menyadari betapa menyenangkannya pertunjukan live, dan betapa tak tergantikannya pertunjukan tersebut. Saya merasa hal itu membuat saya lebih menghargai pertunjukan kami sehari-hari.”

Momometal: “Pertunjukan di Vancouver dan Toronto, Kanada [pada bulan Oktober 2023 dengan Dethklok], sungguh luar biasa! Penggemar kami telah menunggu dan kegembiraan yang kami rasakan sungguh luar biasa. Pertunjukan di Toronto diadakan di luar ruangan, jadi selama Monochrome, lampu telepon berfungsi dengan baik. Sangat indah, seperti bintang, sehingga saya ingat dengan jelas pemandangannya.”


Berapa jam Anda berlatih koreografi?

Moametal: “Kami sebenarnya tidak berlatih setiap hari, tapi mungkin enam hari seminggu! Ha ha! Kami bertiga mengerjakan koreografi lagu baru kami, dan mempersiapkan serta memeriksa lagu lainnya bersama-sama. Momometal dan saya berupaya menguasainya. Selain itu, saya mencoba memperluas jangkauan tarian saya dengan melakukan tarian selain BABYMETAL– tarian kami sangat penting. Saya akan sangat senang jika semua orang yang mendukung BABYMETAL menganggap tarian kami juga spesial [untuk seni yang kami ciptakan].”

Apa lagu favoritmu untuk dibawakan?

Su-metal: “Oh! MAJINAI menyenangkan untuk dilakukan. Benar-benar melelahkan, tapi kami sering menari dalam lingkaran dan melihat wajah semua orang di kerumunan, dan sangat menyenangkan untuk berpegangan tangan dan berkeliling.”

Momometal: “Akhir-akhir ini, ada METALI!! Ini adalah lagu pertama saya sejak menjadi bagian BABYMETAL yang baru terlahir kembali, dan bahkan orang-orang yang belum mengetahui lagu ini pun merasa bersemangat saat pertunjukan live kami, baik di Jepang maupun di luar negeri, jadi sangat menarik untuk dibawakan. Saya lupa betapa lelahnya saya selama lagu ini. Saya tidak bisa menahan diri untuk bersenang-senang!”

Jika kamu bisa meng-cover lagu metal apa pun, apa yang akan kamu pilih?

Su-metal: “Nightwish’s Storytime.”

Moametal: “Saya tidak bisa memilih satu saja! St. Anger dari Metallica… Ah! Mother Tongue dari Bring Me The Horizon juga bagus. Psychosocial Slipknot juga! Tapi We Got The Moves dari Electric Callboy sepertinya juga cocok untuk BABYMETAL. Akan menyenangkan melakukan Mammamia MÃ¥neskin. Saya tidak bisa berhenti bermimpi. Khayalan seperti ini adalah sebuah hadiah.”

Momometal: “Lost oleh Bring Me The Horizon! Saya menyaksikan BMTH secara langsung untuk pertama kalinya di NEX_FEST; Saya tidak bisa mengalihkan pandangan dari penampilan selama lagu ini. Ada gerakan [tarian] kontemporer dalam video musiknya, jadi saya ingin menggabungkan koreografi semacam itu dengan lagunya.”

Bagaimana pengalaman tur Anda berubah selama bertahun-tahun?

Moametal: “Jadwal tur, yang semakin sulit seiring bertambahnya usia, cukup menuntut. Saya harus menjaga kesehatan tubuh dan mental saya setiap hari, terutama saat bepergian. Tapi saya sangat senang karena ada orang yang bertanya dan menunggu kami, dan setiap kali [kami bermain di suatu tempat] tempatnya semakin besar. Ada banyak hal berbeda yang terjadi di luar sana [secara global], tapi saya hanya berharap ada dunia di mana semua orang bisa menikmati musik.”

Jika Anda mengadakan festival BABYMETAL, band apa yang akan Anda undang? 

Su-metal: “Saya bermimpi mengadakan festival yang mempertemukan vokalis wanita seperti Evanescence, Nightwish, dan Arch Enemy.”

Moametal: “Metalicca! Mereka sedang tur dunia, jadi saya ingin mengundang mereka ke Jepang dan menyambut mereka dengan omotenashi – keramahtamahan Jepang. Saya juga ingin bertemu Rob Halford lagi, begitu pula Judas Priest. Saya ingin mengundang Red Hot Chili Peppers, lintas genre, dan saya ingin bertemu Dragonforce untuk pertama kalinya setelah sekian lama! Saya pastinya menginginkan Bring Me The Horizon, yang mengundang kami ke festival mereka juga.”

Momometal: “Yungblud, Willow Smith dan [girl-group Jepang] Atarashii Gakko!”

Negara mana yang paling ingin Anda kunjungi, dan mengapa?

Su-metal: “Saya menyukai semua negara dan masing-masing negara memiliki kelebihannya masing-masing, jadi saya tidak bisa memilih yang terbaik. Saya berada di Jerman sekarang (saat wawancara), dan penonton langsung sangat antusias dan saya merasa sangat senang bisa makan schnitzel favorit saya.”

Moametal: “Sulit untuk memilih – orang-orang di setiap daerah sangat baik dan Anda langsung jatuh cinta pada mereka. Kami sudah banyak tampil di Inggris dan Jerman, jadi mereka merasa seperti rumah kedua. Saya merasa santai di negara-negara tersebut.”

Momometal: “Oslo, Norwegia! Kami memulai tur UE dan Inggris di sana, jadi kami dapat melakukan sedikit tamasya, dan pemandangan kotanya indah dan penuh gaya. Tentu saja, cuacanya sangat dingin dan tidak banyak sinar matahari bahkan di siang hari, tapi anehnya udaranya hangat. Dekorasi lucu saat musim Natal menghangatkan hati saya. Saya terkesan dengan betapa lembut dan lezat kentangnya, serta betapa kental dan segar salmonnya. Saya pasti ingin pergi lagi!”

Sumber : Loudersound
Translate dan Edit oleh Admin DV

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel