Inside the Metal Galaxy: Mengapa BABYMETAL memiliki penggemar paling setia di planet ini

@MartinisHPKSDD

Mengapa BABYMETAL memiliki penggemar paling setia di planet ini

Bintang majalah Metal Hammer bulan ini, BABYMETAL mungkin baru saja berhasil menembus panggung luar negeri pada tahun 2014 lalu, tetapi tahun ini menandai sepuluh tahun sebuah fenomena. Meledak ke panggung dengan sensasi YouTube Gimme Chocolate!! (saat ini sudah ditonton lebih dari 142.000.000 penayangan), BABYMETAL melampaui reputasi unik mereka dengan memenangkan ribuan penonton sekaligus, menyebar dari satu negara ke negara lain dalam penaklukan global yang tidak pernah terlihat sejak jaman Slipknot dan Iron Maiden.


Ke mana pun BABYMETAL pergi, penggemar mereka pasti akan mengikuti, basis penggemar mereka adalah pasukan global yang benar-benar berdedikasi untuk memecahkan misteri Dewa Rubah dan menuangkan mitologi luar biasa yang berkembang dengan setiap lagu, video, dan pertunjukan baru. Kami bertemu dengan beberapa penggemar berat ini untuk mencari tahu mengapa mereka bisa menjadi penyelamat sejati metal.

@babymetal_jpeg

Pru dari West Sussex, Inggris

Memorabilia Babymetal menghiasi setiap dinding kamar tidur superfan Pru, mulai dari bendera dan sampul Hammer hingga vinyl, poster, dan Funko Pops. Pru telah membangun kuil literal untuk BABYMETAL. Tapi, BABYMETAL lebih dari sekadar merchandiser cerdik, untuk penggemar seperti Pru mereka menawarkan representasi dan inspirasi, pengingat bahwa netal icon bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

"Saya memutuskan untuk menutupi satu dinding dengan BABYMETAL. Saya pikir itu akan bertahan selama sekitar satu tahun"

Kapan Anda pertama kali mendengar BABYMETAL?

“Saya pertama kali mendengar BABYMETAL ketika album Metal Resistance keluar pada tahun 2016, jadi sekitar lima tahun yang lalu bulan ini. Sebenarnya saat melihat Gimme Chocolate!!. Itu langsung membuat saya ketagihan.”


Apa yang membuat mereka begitu menarik bagi Anda?

“Pada saat itu, saya mencari lebih banyak artis karena saya suka metal. Saya terkejut seseorang seusia saya dan perempuan bisa membuat sesuatu yang begitu metal.”


Apakah menurut Anda itu membantu membuatnya terasa lebih memberdayakan Anda secara pribadi sebagai penggemar?

"Benar. Sebelum BABYMETAL, jika Anda bertanya kepada saya apakah seorang gadis seusia saya dapat memiliki grup metal besar, saya akan berpikir sama sekali tidak, itu gila. Tapi mereka berhasil melakukannya dan meskipun adegannya sangat didominasi oleh laki-laki, sangat menyenangkan melihat perempuan muda seperti itu memiliki peran dan basis penggemar yang begitu besar.”


Apakah Anda melihat basis penggemar BABYMETAL sebagai komunitas global?

“Ini jelas hal global, terutama dengan media sosial. Anda dapat mengangkat telepon dan mulai berbicara dengan penggemar di Amerika atau di mana pun sebenarnya. Baru-baru ini ada hal di mana kami mendapatkan 75 penggemar dari seluruh dunia dalam satu panggilan, tetapi ada juga ruang obrolan mini di mana grup yang berbicara bahasa yang berbeda hanya dapat berkumpul dan mengobrol. Bahkan bekerja dengan kelompok yang berbicara 10 bahasa yang berbeda, kami masih membuat semuanya bekerja.”


Sudahkah BABYMETAL membantu Anda melewati masa-masa sulit dalam hidup Anda?

“Terutama selama lockdown, saya pikir. Saya selalu menjadi penggemar berat sejak akhir tahun 2016, saya merasa menjadi lebih dari itu selama lockdown. Hanya memiliki orang untuk diajak bicara bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya secara fisik, sangat menyenangkan dan saya merasa sangat dekat dengan mereka. Pada bulan Oktober BABYMETAL melakukan live Songs of Tokyo setelah pada dasarnya tidak melakukan apa-apa sejak Februari. Moametal memberi tahu kami semua untuk 'tetap positif' dan saya pikir bagi banyak penggemar itu adalah momen yang kami rasa bisa melewati [pandemi] bersama-sama.”


Apa yang membuat Anda ingin sepenuhnya mengabdikan kamar Anda untuk BABYMETAL dan bahkan membangun 'kuil' untuk band ini?

“Sejujurnya, saya tidak benar-benar tahu! Pada tahun 2017 saya hanya ingin mendekorasi kamar saya jadi saya memutuskan untuk menutupi satu dinding dengan BABYMETAL, pada saat itu saya pikir itu akan bertahan selama sekitar satu tahun. Seiring waktu saya membawa lebih banyak poster dan mengumpulkan lebih banyak barang sampai lebih dari empat tahun seluruh kamar saya diambil alih. Lalu ada rak dengan vinil dan barang-barang lainnya, tidak ada satu titik di mana saya memutuskan 'Saya ingin melakukan ini' tetapi itu terjadi begitu saja seiring waktu.


Bagaimana BABYMETAL membuat hidup Anda lebih baik?

“Mereka mengubah hidup saya, sekarang saya sangat ingin menjadi seorang desainer kostum. Melihat BABYMETAL dan desain kostum mereka adalah titik kritis yang membuat saya ingin melakukannya, mereka membentuk jalur karir saya.”


Apa lagu BABYMETAL yang paling terbaik, dan mengapa?

“Aku harus ,mengatakan Headbanger!!. Tidak hanya klasik, tetapi juga sangat berat sambil mempertahankan nada-nada imut mereka, pasti ada beberapa lagu yang terlalu condong ke 'terlalu imut' atau 'terlalu metal' selain Headbanger!! sempurna berada di tengah tengah. Plus, estetika pada video menggunakan banyak citra religius, banyak warna hitam dan merah… I love it!


Eric dari Ohio

BABYMETAL mungkin memiliki penggemar di seluruh dunia, tetapi bagi beberapa orang tidak cukup hanya menunggu band datang ke kota asal mereka setiap kali mereka keluar tur. Seperti fans BABYMETAL pada tahun 2016, warga Ohio bernama Eric meluncurkan blog penggemar ('A BABYMETAL Odyssey') yang didedikasikan untuk perjalanannya mengikuti BABYMETAL dari Midwest ke Tokyo dan sekitarnya.

"Saya sekarang mengenal orang-orang dari Jepang, Cina, Inggris… ke mana pun saya pergi, saya tahu saya punya teman di sana."

Kapan Anda pertama kali mendengar BAYMETAL?

“Mungkin sekitar tahun 2014, saat Gimme Chocolate!! menjadi viral. Agak lucu bagi saya sekarang, melihat dinding saya yang memiliki semua tempat yang pernah saya kunjungi karena band ini, tetapi saat itu saya membencinya! Pada tahun 2016 teman saya dan saya mendapat tiket untuk melihat Rammstein di Chicago Open Air dan menganggap yang lainnya adalah bonus. Dalam minggu-minggu menjelang itu saya menyusun daftar putar band-band yang akan ada di sana dan mendengar riff pembuka Karate dan mengkliknya. Saya tidak percaya itu adalah BABYMETAL, setelah menonton video tersebut saya tahu kami harus menonton mereka sehingga pada hari Minggu itu kami langsung menuju pertunjukan.”


Apa yang membuatmu senang?

“Saya sudah mengenal musik berat sejak saya masih kecil, kedua orang tua saya sangat menyukainya, tetapi ini terasa seperti menghirup udara segar.”


Apa yang mendorong Anda untuk mulai menulis 'A BABYMETAL Odyssey'?

“Jujur, itu seperti kapsul waktu bagi saya sendiri. Saya mempostingnya di situs web saya, yang seperti portofolio pribadi saya dan menunjukkannya kepada teman-teman dan mendapat respons yang jauh lebih banyak daripada yang saya harapkan. Saya pikir kita semua memiliki cerita tentang mengikuti band kesukaan kita, tetapi ini terasa seperti cara khusus untuk menangkapnya.”


Anda memutuskan untuk bepergian ke Hollywood untuk melihat BABYMETAL untuk kedua kalinya setelah berhenti dari pekerjaan Anda?

“Bukan keputusan yang paling cerdas! Ada sesuatu tentang itu, apakah itu hanya ingin memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan, atau hanya membutuhkannya lagi setelah pertunjukan Chicago, saya tidak tahu. Itu benar-benar membuka segalanya bagi saya, saya benar-benar sendirian, mengantre selama tujuh jam bertanya-tanya bagaimana saya akan tetap sibuk tetapi kemudian waktu berlalu ketika saya mulai berbicara dengan orang-orang."


Seberapa terhubungkah perasaan Anda dengan komunitas global penggemar BABYMETAL?

“Saya sekarang mengenal orang-orang dari Jepang, Cina, Inggris… ke mana pun saya pergi, saya tahu saya punya teman di sana. Itu satu-satunya hal positif yang saya temukan dalam setahun terakhir ini ketika saya terjebak di rumah. Saya suka musiknya, tapi sejujurnya komunitaslah yang membuat saya terus menonton semua pertunjukan ini.”


Pernahkah Anda melihat penggemar BABYMETAL dan berkata, 'Wow, mereka sudah keterlaluan?'

“Pertama kali kami melihat BABYMETAL, ada beberapa orang yang menyukai lima atau enam pertunjukan mereka berturut-turut, dari kota ke kota. Saya melihat mereka dan berpikir 'siapa yang ingin melakukan itu' dipotong ke tur AS 2019 dan itu saya! Saya adalah penggemar yang sudah keterlaluan saat ini!”


Apa lagu BABYMETAL yang paling terbaik, dan mengapa?

“Ijime, Dame, Zettai dari album pertama selalu sangat menonjol bagi saya. Itu sangat berbeda bagi saya tahun lalu juga karena itu adalah lagu terakhir yang saya lihat mereka mainkan, di pertunjukan BABYMETAL terakhir yang saya kunjungi, yang juga merupakan konser terakhir yang saya kunjungi karena COVID. Itu adalah lagu yang saya tidak pernah berpikir mereka akan mainkan lagi, tetapi mendengarnya di arena lagi adalah pengalaman yang nyata dan itu benar-benar membuat saya merinding.”


@MartinisHPKSDD

Masaaki, Kyoto, Jepang

"Saya berusia 60 tahun sekarang, dan saya pikir BABYMETAL memungkinkan saya untuk terhubung dengan lebih banyak orang."

Kapan Anda pertama kali mendengar BABYMETAL?

“Saya pertama kali mendengar BABYMETAL melalui film pertunjukan mereka di UK Sonisphere pada tahun 2014. Pikiran pertama saya adalah, 'mengapa gadis muda seperti itu berada di festival metal?' Saya sangat terkejut! Selain itu, saya terkesan bahwa penonton tampaknya menyukai mereka. Saya adalah penggemar berat jazz lama, tetapi hanya dalam satu lagu saya menjadi penggemar BABYMETAL!”


Menurutmu apa yang membuat band ini spesial?

“Saya suka tema "The One" yang diusung BABYMETAL. Pembawaan mereka belum sepenuhnya mulus. Kepergian Yuimetal dan sepeninggal Mikio Fujioka adalah masa-masa yang sangat sulit bagi band ini. Sekarang, album ketiga mereka sangat bagus dan mereka dapat merayakan ulang tahun ke 10 dengan sukses. Saya menghadiri sepuluh pertunjukan BABYMETAL Budokan.”


Sudahkah BABYMETAL membantu Anda melewati masa-masa sulit?

“Ketika saya mencoba pekerjaan baru, saya takut dan hampir frustrasi berkali-kali. Namun, melihat bagaimana BABYMETAL menghadapi tantangan seperti Sonisphere yang memberi saya keberanian. Terkadang bahasa Inggris saya tidak bagus, jadi saya ragu untuk menghadiri pertemuan internasional. Tetapi di luar kata-kata dan negara, jika kita memiliki keinginan untuk sesuatu yang luar biasa, saya percaya itu dapat diraih.”


Mengapa Anda berpikir bahwa orang-orang telah terhubung dengan band begitu banyak?

“Alasan mengapa orang menyukai BABYMETAL berbeda beda dari orang ke orang. Mereka memiliki berbagai pesona, kemampuan menyanyi mereka, penampilan menari, keterampilan Kami Band yang luar biasa, pesan kawaii mereka, komposisi panggung dan banyak lagi. Tapi yang paling mengesankan saya adalah kerendahan hati mereka, saya benar-benar merasa mereka tulus.”


Apakah Anda merasa menjadi penggemar berat BABYMETAL itu mahal?

“Tentu saja menghabiskan banyak uang untuk terus membeli semua item BABYMETAL. Pergi ke pertunjukan langsung tidak hanya bayar biaya tiket, tetapi juga ada berarti biaya perjalanan, biaya hotel, dll yang itu semua tidak murah! Saya tidak tahu persis berapa banyak yang telah saya habiskan untuk itu sejauh ini, itu sama seperti ketika saya menjadi penggemar jazz. Idola saya dulu Zoot Sims, Coleman Hawkins, dll. Tapi vinyl mereka juga cukup mahal.”


Tapi apakah menurut Anda band menjadikannya investasi yang layak?

“Sejak saya menemukan BABYMETAL, saya telah menemukan lebih banyak musik, bertemu banyak teman, dan memiliki lebih banyak pengalaman. Sampai tahun 2014, saya merasa seperti berada dalam penderitaan di dunia yang sangat kecil. Saya berusia 60 tahun sekarang, dan banyak teman sekelas saya mengalami penurunan drastis dalam interaksi dengan orang lain. Tapi saya justru sebaliknya, dan saya pikir BABYMETAL memungkinkan saya untuk terhubung dengan lebih banyak orang.”

Apa lagu BABYMETAL yang paling terhebat, dan mengapa?

Bagi saya, lagu BABYMETAL terhebat adalah Ijime, Dame, Zettai. Itu adalah lagu pertama yang saya dengar dari band ini, seperti yang saya katakan, satu lagu mengubah hidup saya! Tentu saja, pengalaman seperti ini bukanlah sesuatu yang terjadi berkali-kali dalam hidup saya. Saya cukup beruntung untuk menemukan lagu ini dan itu mengubah hidup saya. Mungkin bukan hanya saya, karena saya tidak bisa melupakan kegembiraan para penonton ketika lagu ini dimainkan di akhir Metal Galaxy World Tour di Jepang pada 26 Januari 2019. Tentu saja, tidak ada keraguan bahwa partisipasi Band Kami Timur dan Barat dan semua Avengers juga merupakan faktor yang menginspirasi. Itu adalah momen yang sangat spesial dan bahagia pada waktunya.”

Hugo dari Valence, Prancis

Fanatik BABYMETAL asal Prancis Hugo telah mengikuti band ini sejak penampilan pertama mereka di Paris, telah mengikuti mereka di seluruh Eropa dan sepanjang perjalanan kembali ke negara asal mereka di Jepang. Dengan teman-temannya di seluruh dunia, dan menjadikannya efek samping dari terhubungnya dengan penggemar yang berpikiran sama ke mana pun dia pergi. Hugo memiliki laporan langsung tentang seberapa dalam ikatan antara penggemar BABYMETAL dan seberapa jauh mereka bersedia untuk pergi.

"Saya penggemar berat prog, jadi menemukan sesuatu yang belum pernah benar-benar dilakukan sebelumnya terasa gila."

Kapan Anda pertama kali mendengar BABYMETAL?

“Perjalanan saya dengan BABYMETAL dimulai pada tahun 2014. Saya tidak begitu ingat persis bagaimana saya mengetahui tentang mereka, mungkin itu melalui rekomendasi atau iklan YouTube, tetapi itu merupakan trailer untuk tur dunia pertama mereka. Saat itu mereka belum pernah memainkan pertunjukan di luar Asia, jadi itu adalah awal bagi mereka, meskipun mereka sudah besar di Jepang. Saya melihat video itu dan berpikir itu adalah hal paling bajingan yang pernah saya lihat dalam hidup saya. Saya penggemar berat musik prog dan menemukan sesuatu yang belum pernah benar-benar dilakukan sebelumnya dan ini terasa gila.”


Kapan Anda memutuskan untuk pergi dan melihat band?

“Sekitar bulan Mei saya pikir, karena pertunjukan pertama mereka di Paris pada bulan Juni jadi saya punya waktu kurang dari sebulan sebelum mereka tiba di Eropa. Saya bahkan belum berusia 18 tahun saat itu, saya berusia 18 tahun beberapa hari sebelum pertunjukan, tetapi itu menjadi pertunjukan BABYMETAL pertama saya dan pertama kali saya bepergian sendirian. Itu agak menakutkan, tetapi saya langsung jatuh cinta dan itu seperti 'ibu, ayah, saya harus pergi dan melihat apakah itu terlihat gila seperti yang saya terlihat!'”


Apakah pertunjukan itu semua yang Anda harapkan?

“Itu dan banyak lagi! Mereka tidak memiliki panggung yang besar seperti di video promosi karena mereka telah melakukan pertunjukan di Budokan di Jepang, jadi di Prancis pertunjukan pertama mereka terlihat minimalis. Gadis-gadis itu sangat muda yang membuatnya terasa lebih gila. Saya khawatir akan ada banyak weebs [Barat yang terobsesi dengan budaya Jepang] tetapi penontonnya sangat beragam dan pertunjukannya sangat menyenangkan.”


Menurut Anda apa yang menarik semua jenis orang ke BABYMETAL?

“Awalnya, saya pikir itu hal baru – 'apa-apaan itu?!' karena itu kesan pertama saya! Saya pikir itu menarik orang tetapi musiknya sangat brilian dan ada banyak hal yang mereka lakukan dalam lagu-lagu mereka yang berarti hampir tidak mungkin jika Anda menyukai musik, Anda tidak akan menemukan setidaknya satu lagu yang Anda sukai.”


Apa yang membuat Anda melakukan perjalanan untuk mengikuti tur band?

“Rasa yang pertama adalah pertunjukan pertama di Paris membuat saya ketagihan! Pertunjukan kedua yang saya lakukan adalah salah satu pertunjukan London pertama di O2 Academy di Brixton dan di sana saya bertemu dengan beberapa penggemar Prancis yang menjadi teman saya di Paris. Saya mulai pergi ke afterparty dan hal-hal seperti itu, karena fandom benar-benar terlibat dan setiap pertunjukan yang diatur oleh band, para penggemar akan mengatur afterparty mereka sendiri. Sekarang saya tidak bisa pergi ke pertunjukan tanpa melakukan pesta itu, ini seperti keluarga besar.”


Berapa banyak yang Anda habiskan untuk mengikuti band?

“Saya tidak pernah menghitung semuanya, tetapi saya telah menghabiskan ribuan euro untuk mengikuti mereka. Tetapi jika Anda bisa dan Anda punya uang… itu hal yang bagus untuk dilakukan!”


Apa lagu BABYMETAL yang paling terbaik, dan mengapa?

“Karena saya suka hal-hal prog, saya akan mengatakan Tales Of The Destinies. Ini adalah lagu yang tidak banyak dibicarakan oleh penggemar tetapi saya menyukainya, ini sangat kompleks dan memiliki begitu banyak perubahan tanda waktu yang membawanya ke mana-mana.”

@Yuemetal

Hatashin Z dari Fukushima, Jepang

Hatashin Z adalah ketua National Black Red Fox Association, grup penggemar yang mendukung BABYMETAL dengan menghubungkan penggemar dari segala usia melalui pertemuan dan pesta. Hatashin merupakan salah satu dari banyak penggemar BABYMETAL yang ingin naik ke level berikutnya dalam merayakan band favorit mereka, menumbuhkan rasa komunitas yang berkembang di jantung fandom Babymetal, benar-benar menjalankan filosofi band 'We are one'.

"Pertama kali saya mendengarkan Babymetal, saya mulai menangis, untuk beberapa alasan."

Kapan Anda pertama kali mendengar BABYMETAL?

“Saya pertama kali menemukan BABYMETAL melalui video penampilan mereka di Summer Sonic Osaka pada tahun 2013. Saya mendengar Ijime, Dame, Zettai dan tidak dapat mengalihkan pandangan dari tiga orang yang menari sementara suara bass, drum, dan deru gitar terdengar sangat berbeda. Ketika selesai saya mulai menangis, untuk beberapa alasan.”


Bagaimana Anda mendapatkan ide untuk National Black Red Fox Association?

“Pada tahun 2014 saya pergi menemui BABYMETAL di Budokan. Saya melihat pertunjukan di mana Yuimetal jatuh dari panggung, orang-orang meneriakkan semangat dan setelah beberapa saat, ketika Zettai benar-benar mulai, dia muncul kembali. Dia berlari ke tengah panggung dan saya mulai menangis lagi, saat itulah saya bersumpah untuk mendukung mereka selama sisa hidup saya. Setelah pertunjukan, saya tidak memiliki siapa pun untuk diajak bicara, jadi saya memutuskan untuk mulai mengadakan pertemuan!”


Menurut Anda mengapa mereka begitu populer di seluruh dunia?

“Musik mereka memberi tahu Anda bahwa Anda melakukan yang terbaik dalam situasi apa pun.”


Sudahkah BABYMETAL membuat hidup Anda lebih baik?

"Tentu saja! Karena saya tinggal di prefektur Fukushima, saya perlu membayar untuk perjalanan dan akomodasi selain biaya tiket untuk konser langsung di Tokyo dan Osaka. Karena saya sudah menikah dan memiliki keluarga, saya berpikir untuk berhenti, tetapi kemudian saya berhenti minum bir setiap hari, mengurangi jumlah rokok yang saya hisap dan berhenti makan di luar, alih-alih untuk diri sendiri. Dengan semua itu, Anda dapat menghabiskan 360.000 yen setahun untuk BABYMETAL, dan Anda dapat membeli tiket pertunjukan langsung, pernak-pernik, dan tentu saja majalah (termasuk Metal Hammer)! Saya punya hobi dan kesehatan! BABYMETAL-lah yang mengubah hidup saya, dan sekarang saya bersemangat setiap hari dengan penggemar di seluruh negeri.”


Apa lagu BABYMETAL terhebat menurut Anda, dan mengapa?

“Kimi To Anime Ga Mitai adalah lagu terbaik yang bisa kamu lihat dari sisi imut dan berat dari apa yang dilakukan band ini.”

@fzj80_METAL

Hachimaru dari Tokyo, Jepang

Hachimaru tinggal di sebuah pondok kayu yang dibangun sendiri di Tokyo bersama keluarganya. Jika menurut Anda itu mengesankan, Anda harus melihat 300 itemnya yang spektakuler plus koleksi kaos resmi BABYMETAL, hampir setiap desain yang dirilis hingga saat ini. Meskipun dia mungkin tidak akan pernah menyelesaikan koleksinya, dia telah menggunakannya untuk menjalin hubungan dengan banyak penggemar BABYMETAL lainnya dan berpartisipasi dalam komunitas penggemar global.

"Saat ini saya memiliki sekitar 350 T-shirt resmi BABYMETAL."

Kapan Anda pertama kali mendengar BABYMETAL?

“Saya pertama kali mendengar BABYMETAL pada Maret 2014, sekitar empat tahun setelah mereka memulai aktivitas mereka pada tahun 2010. Saya melihat video resmi Doki Doki Morning di YouTube secara kebetulan.”


Mengapa Anda memutuskan untuk mulai mengoleksi kaos BABYMETAL?

“Saya sudah menjadi kolektor sejak kecil. Sejak saya berusia dua puluhan, saya telah mengumpulkan kaos rock vintage dari tahun 70-an hingga 90-an dari artis favorit saya (The Who, The Clash, Ramones). Ketika saya menemukan BABYMETAL, tidak mungkin bagi saya untuk menghindari mengumpulkan T-shirt favorit saya. Itu adalah takdir!”


Apa yang paling banyak Anda habiskan?

“Harga tertinggi untuk satu t-shirt adalah 50.000 yen (sekitar £324). Harga tergantung waktu momen dan saya juga pernah diberikan kaos langka oleh fans lain dengan niat baik, jadi harga tertinggi bukan berarti yang paling langka. Saat ini saya memiliki sekitar 350 T-shirt resmi BABYMETAL. Saya juga memiliki hampir semua sumber suara resmi (video/CD/LP) yang telah dijual. Selain itu, saya juga seorang kolektor bendera resmi BABYMETAL. Nilai total koleksi saya mungkin lebih dari 5 juta yen (sekitar £32.000).


Apa yang kurang dari koleksi Anda?

“Satu kaos sisa yang saya cari adalah salah satu yang tertua dalam sejarah BABYMETAL, kaos kolaborasi "BABYMETAL x KIBA OF AKIBA". T-shirt ini diberikan kepada pemenang lotere sebagai bonus aplikasi untuk CD single yang dirilis pada tahun 2012, sebelum BABYMETAL melakukan debut major mereka. Detail t-shirt ini tidak jelas dan tidak ada kenalan saya yang memilikinya. Ini adalah t-shirt yang sangat langka!”


Bagaimana Anda menjaga mereka dalam kondisi baik?

“Saya menyimpannya di gudang (ruang penyimpanan) di kebun saya. T-shirt dilipat dan dimasukkan satu per satu ke dalam tas transparan. Saya menumpuknya dan memasukkannya ke dalam kotak yang kuat dan menyimpannya di gudang. Tidak semua t-shirt di koleksi saya baru dan belum dibuka, 60 persen masih baru dan belum dibuka, 40 persen bekas dan dibuka. Koleksi kaos (303 jenis) dalam kondisi sangat baik.”


Selain t-shirt Anda, barang apa di lemari pakaian Anda yang paling Anda banggakan?

“Jaket buatan saya. Bagian dasar jaket adalah replika kemeja favorit Joe Strummer dari masa awal The Clash (a rare find). Lencana, kancing, cetakan setrika, tambalan yang dipotong dari t-shirt dan tambalan khusus semuanya dijahit tangan dan selesai. Semuanya bagian terkait BABYMETAL. Ini adalah simbol saya dan kebanggaan dan kegembiraan saya, jaket perang saya. Saya biasanya tidak memakainya karena terlalu mencolok, tetapi saya selalu memakainya ketika saya pergi ke konser BABYMETAL untuk mendukung mereka.”


Apa arti koleksi Anda bagi Anda?

“Koleksi saya telah memberi saya kesempatan untuk menikmati interaksi dengan banyak penggemar, dan saya senang bahwa saya terus melakukannya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya sejauh ini (termasuk teman dekat saya 'Ma-Metal' yang membantu berkonsultasi dengan saya dengan tanggapan ini). Saya pikir bukan hanya saya tetapi setiap penggemar di dunia yang mendukung BABYMETAL dengan berbagai cara adalah 'penggemar terbesar'. Seperti yang dikatakan BABYMETAL – 'We are The One'”.


Apa lagu BABYMETAL yang paling terhebat, dan mengapa?

“Lagu favorit saya adalah Doki Doki Morning. Ini lagu debut mereka dan juga lagu BABYMETAL pertama yang saya dengar. Saya pikir lagu debut adalah bagian terpenting dari kepribadian, arah, momentum, ambisi, segalanya seorang artis. Ini seperti ledakan energi yang sangat besar, seperti kelahiran bintang, dan menurut saya itu menarik. Saya berharap BABYMETAL tidak akan melupakan asal mereka dan menyanyikan lagu ini selamanya.”

Edisi baru Metal Hammer merayakan 10 tahun Babymetal sudah keluar sekarang.


Sumber : Loudersound
Translate dan Edit oleh Admin DV

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form