BABYMETAL Mengunjungi Kembali 10 Tahun Karirnya, Ungkapkan Lagu Yang Menjadi Titik Balik Mereka

 

BABYMETAL merayakan anniversary 10 tahun pada tahun ini, menandai tonggak sejarah dengan album greatest hits yang dirilis pada Rabu (23 Desember).

Ketika para gadis yang sebelumnya merupakan trio pertama kali muncul di panggung dengan perpaduan heavy metal dan dance mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya, mereka disambut dengan sambutan beragam. Tapi pada titik ini, itu semua sudah berlalu. Terus membangun pengikut setia melalui pertunjukan live yang terus berkembang, mereka menarik banyak orang di festival musik dan konser arena di negara asal dan di luar negeri. Mereka telah merilis serangkaian album hit, yang terbaru dimana mencapai No. 13 di Billboard 200. Setelah memenangkan rasa hormat dari para veteran di komunitas metal, mereka telah menjadi kehadiran yang menunjukkan masa depan genre tersebut melalui cara memperluas batas-batasnya.

Dua anggota BABYMETAL saat ini - SU-METAL dan MOAMETAL mengenang kembali 10 tahun mereka sebagai "idol metal" dan berbagi bagaimana mereka pertama kali memasuki musik heavy metal di masa-masa awal, titik balik dalam karier mereka, dan beberapa lagu-lagu terkenal secara pribadi pada koleksi greatest hits mereka yang akan datang dalam wawancara baru-baru ini dengan Billboard Jepang yang dilakukan oleh jurnalis Kenta Terunuma.

Pertama, mari kembali ke awal. Ini adalah fakta yang cukup terkenal bahwa Anda berdua belum mengenal genre heavy metal saat pertama kali membentuk BABYMETAL. Bisakah Anda membagikan beberapa contoh spesifik ketika Anda memahami daya tariknya?

SU-METAL: Bagi saya itu di tahun 2013, ketika saya memiliki kesempatan untuk melihat Metallica tampil live di festival musik Summer Sonic di Jepang. Sampai saat itu, saya pernah mendengarkan heavy metal di CD, tetapi menyaksikan penampilan live mereka untuk pertama kalinya benar-benar membuat saya terdorong untuk masuk ke dalam hati. Itu menjadi kenyataan bahwa "metal adalah musik yang menyentuh hatimu, bukan telingamu." Saya terkejut saat mengetahui bahwa musik yang begitu kuat ada di dunia ini dan saat itulah saya menyadari betapa menakjubkannya heavy metal sebenarnya.

MOAMETAL: Pertemuan saya dengan musik metal adalah ketika saya pertama kali mendengar demo “Doki Doki Morning”. Dari sana, saya mulai menjelajahi genre secara tentatif, tetapi video musik menampilkan orang-orang yang tampak menakutkan dengan wajah mereka dicat putih dan musik itu sendiri pada dasarnya terdengar seperti banyak teriakan yang tidak dapat dimengerti bagi saya, jadi untuk sementara saya benar-benar tidak dapat mengerti daya tarik genre tersebut.

Tapi seperti SU-METAL, menonton Metallica secara live di tahun 2013 adalah pengalaman yang membuka mata saya yang membuat saya menyadari betapa hebatnya metal. Itu menarik saya keluar dari cangkang saya dan sekarang saya mendengarkan metal kapan pun saya mau.


Apa perbedaan terbesar antara pertunjukan langsung dan suara di CD?

SU-METAL: Pertama-tama, ada perbedaan besar dalam tingkat suara, saat tekanan akustik terasa seperti, "Apakah angin bertiup di sini?" Pengalaman merasakan musik dengan seluruh tubuh Anda menyenangkan, dan ada juga kekuatan penonton. Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya…

MOAMETAL: Circle pits dan diving! [Tertawa]

SU-METAL: Tepat! [Tertawa] Semua yang digabungkan membuatnya terasa seperti musik yang dibuat di tempat. Hal ini juga dapat dikatakan untuk konser BABYMETAL, tapi menurut saya hal terbaik tentang pertunjukan heavy metal adalah bagaimana artis dan penonton menciptakan ruang itu bersama.

BABYMETAL telah mengambil langkah besar sejak tahun-tahun awal itu dan sekarang menjadi satu-satunya tindakan yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai grup idola tempat awalnya, atau sebagai band heavy metal asli. Selama perjalanan Anda, adakah momen tertentu yang Anda rasakan bahwa grup telah memasuki fase baru?

MOAMETAL: Menurut saya, saat itulah video "Gimme Chocolate !!" diunggah secara online. Saya merasakan sesuatu berubah dalam diri saya. Sebelumnya, saya tahu dengan cara yang samar bahwa orang-orang dari luar Jepang mendukung kami, tetapi saya melihat komentar di "Gimme Chocolate !!" video yang ditulis dalam bahasa dari negara-negara yang tidak saya ketahui, dan itu benar-benar menjelaskan kepada saya bahwa kami sebenarnya memiliki pengikut di luar negeri. Itu membuat saya merasa bahagia, tetapi itu juga mengubah sikap saya terhadap apa artinya menjadi anggota BABYMETAL.


10 BABYMETAL YEARS adalah album greatest hits yang memadatkan 10 tahun sejarah grup Anda menjadi 10 lagu. Lagu manakah yang menjadi titik balik terbesar dalam karier BABYMETAL?

SU-METAL: Lagu favorit saya di album ini adalah "Road of Resistance." Banyak lagu BABYMETAL berevolusi dengan dibawakan secara live, dan ada beberapa yang benar-benar saya pahami untuk pertama kalinya setelah saya membawakannya di atas panggung. "Road of Resistance" adalah salah satu lagu tersebut.

Kami melakukan tur dunia pertama kami pada tahun 2014 dan pertunjukan terakhir kami adalah konser solo headlining di Inggris. Ketika kami menayangkan lagu ini untuk pertama kalinya di atas panggung sebagai lagu terakhir di set, penonton ikut bernyanyi bersama kami. Setelah melakukan serangkaian konser di luar Jepang, di lingkungan "jauh", pertunjukan terakhir tur kami benar-benar terasa seperti di rumah sendiri. Saya menyadari untuk pertama kalinya: “Jadi inilah arti dari apa yang telah kami lakukan selama setahun terakhir.”

Saat itu ketika semua orang bernyanyi membuat lagu itu terdengar seperti penyemangat, dan saya dapat memahami temanya, yaitu "terus berjalan di tempat yang tidak ada jalannya". Saya berpikir, "Kami akan membuat terobosan baru dengan BABYMETAL di luar negeri. Kita pergi ke tempat yang tidak ada jalannya. " Saya sangat didukung oleh lagu ini dalam arti itu, dan bahkan sampai hari ini, itu terdengar seperti penyemangat bagi saya setiap kali saya menyanyikannya. Saya ingat konser masa lalu di berbagai lokasi sebagai pemandangan dari panggung selama lagu ini.

MOAMETAL: Saya juga akan memilih "Road of Resistance" sebagai titik balik kami. Seperti yang SU-METAL katakan, itu adalah lagu yang menempa jalan yang harus kita ambil, dan dikemas penuh dengan identitas BABYMETAL, bahwa kita pergi ke tempat yang tidak ada jalannya. Itu adalah angka yang tidak boleh diabaikan saat mendiskusikan grup kita.

Tetapi jika saya harus memilih lagu lain, lagu itu adalah "Gimme Chocolate !!" karena itu benar-benar titik balik bagi saya.


Salah satu tema utama BABYMETAL sejak 2013 adalah mengantarkan kebangkitan musik heavy metal di bawah panji METAL RESISTANCE. Anda telah mengumumkan bahwa 10 pertunjukan solo-headlining Nippon Budokan yang Anda rencanakan untuk tahun 2021 akan menandai "babak terakhir" dari era METAL RESISTANCE. Apakah menurut Anda genre ini telah menikmati kebangkitannya sejak Anda pertama kali memulai perjalanan ini?

SU-METAL: Sejujurnya saya tidak tahu bagaimana kinerja metal pada tingkat yang lebih luas. Saya membayangkan mungkin ada banyak orang di luar sana yang masih menghindar dari genre tersebut. Tapi saya merasa BABYMETAL telah menjadi jembatan antara metal dan berbagai hal termasuk J-pop. Anak-anak kecil datang ke pertunjukan kami di luar negeri, dan di tempat-tempat besar di Jepang, keluarga datang dengan cosplay, jadi saya merasa grup kami secara bertahap mempermudah orang-orang untuk menikmati musik heavy metal dengan cara yang lebih santai.

Saya berbicara dengan anggota Bring Me the Horizon beberapa hari yang lalu, dan mereka mengatakan sesuatu seperti, “BABYMETAL adalah sekelompok gadis yang tumbuh di musik pop dan melakukan perpaduan metal, dan sekarang saatnya band-band metal menjadi pop.” Jadi saya merasa bahwa bentuk lain dari "perlawanan" sedang muncul.

Saya cukup yakin bahwa musik heavy metal telah berkembang lebih jauh selama sepuluh tahun kami di dunia musik, jadi dalam hal ini, saya pikir kami mungkin berhasil dalam "perlawanan" kami.

MOAMETAL: Saya menganggap pertunjukan Budokan sebagai periode dimana kami menampilkan dengan benar semua yang telah kami peroleh dalam perjalanan kami selama 10 tahun terakhir, dan terima kasih kami kepada semua orang yang bertemu dengan kami selama ini.

Translate dan Edit oleh Admin DV

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form