Sejarah Ide Dibuatnya BABYMETAL




Dari Sejarah Ide Dibuatnya BABYMETAL, Hingga Dipromosikan Lady Gaga



Photo © Taku Fuji
BABYMETAL, yang kini sudah dikenal di Asia maupun di Eropa dan sekarang mulai merambah ke Amerika Serikat. Sebuah konsep idol kawaii metal kini disukai banyak orang. Terdiri dari 3 anggota yakni Suzuka NakamotoYui Mizuno dan Kikuchi Moa.
Tapi, tahukah anda siapa dalang dibalik kesuksesan mereka? minggu lalu tim Today Idol berkesempatan untuk bincang-bincang dengan salah satu staf yang memegang posisi kuat di BABYMETAL, namun menolak untuk dipublikasikan identitasnya.
Disela-sela kesibukannya mempersiapkan tur dunia salah satu band dari Amuse, ia menjelaskan bahwa dirinya sudah bekerja untuk Amuse Inc (Agensi talenta BABYMETAL) sebelum BABYMETAL dibuat.


Photo © Jake Owens
Photo © Jake Owens

Ide dari pembuatan BABYMETAL pertamakali dibuat oleh KOBAMETAL yang kini menjabat sebagai produser BABYMETAL, staf Amuse mengatakan ide ini terlintas pada pertengahan november 2010. Lantas, siapakah sosok KOBAMETAL itu?
KOBAMETAL merupakan sebuah kode nama dari seorang produser di Amuse Inc, staf menolak memberikan nama asli dari KOBAMETAL, menurutnya seorang produser dari Amuse Inc tak perlu dipublikasikan identitasnya. KOBAMETAL memilih untuk fokus bekerja dalam mengelola BABYMETAL ketimbang diekspos oleh media, bahkan banyak fans jepang meminta bertemu dengan KOBAMETAL namun dirinya menolak dan tidak ingin identitasnya diketahui. “Amuse Inc. diciptakan bukan untuk berinteraksi, namun bekerja bersama artisnya” kata staf.
BABYMETAL mulai diperkenalkan pada 28 november didalam konser tunggal Sakura Gakuinsai 2010 di Yokohama Red Brick Warehouse, sebuah konser dari idol grup yang diciptakan oleh Mitsuru Kuramoto, yakni Sakura Gakuin.


Photo © Apollo
Photo © Apollo

BABYMETAL pada awalnya dibuat untuk sub-unit dari idol grup tersebut, setelah kesuksesan dari sub-unit Twinlestar. Yang mengejutkan, staf Amuse mengatakan BABYMETAL dibuat hanya untuk kejutan didalam konser tersebut dan tidak pernah berpikir mereka bisa bersinar dan sukses seperti Sakura Gakuin.
Akan tetapi, para fans Sakura Gakuin malah memberikan respon positif sehingga BABYMETAL mulai mendapatkan popularitasnya pada April 2011 karena video yang diunggah di Youtube menyedot banyak perhatian di Jepang.
Namun dibalik semua itu, staf Amuse mengatakan pada awalnya setelah debut perdana BABYMETAL, Amuse tidak memberikan perhatian bahkan dalam wawancara diberbagai radio maupun televisi, kesempatan ini hanya diberikan untuk Sakura Gakuin dan Twinklestar. BABYMETAL hanya mengandalkan promosi lewat Youtube, dan Amuse terkejut ketika video yang diunggah BABYMETAL lebih populer daripada Sakura Gakuin. Setelah popularitas di Youtube, barulah media nasional Jepang menulis berbagai berita tentang BABYMETAL.
Dibalik semua itu, BABYMETAL dibantu beberapa bintang dunia yang mempromosikannya, seperti Marty Friedman mantan anggota band metal bernama Megadeth, ia merupakan seorang gitaris dari Amerika Serikat.


Photo © Apollo
Photo © Apollo

Tak hanya Marty saja, Matthew Kiichi Heafy dari band Trivium juga ikut andil dalam mempromosikan kepada band metal seperti Metallica. Staf Amuse menjelaskan, Matthew dan Marty berperan besar dalam memperkenalkan BABYMETAL di Eropa.
Hal lain yang tak kalah mengejutkan adalah, ketika tim Today Idol menanyakan hubungan antara BABYMETAL dengan Lady Gaga, staf Amuse menjawab, “Tak hanya Matthew dan Marty, Lady Gaga juga ikut berperan besar mempromosikan BABYMETAL, itulah sebabnya BABYMETAL dapat tampil di konser Lady Gaga di Amerika Serikat beberapa bulan lalu“.
Perbincangan terakhir kami bersama staf Amuse adalah menanyakan dimasa depan apakah BABYMETAL akan memulai debut di dunia idol gravure, staf tersebut menjawab dengan tegas, “Tidak, tidak akan pernah terjadi, kami tidak ingin mencoba hal ekstrim, dan bahkan kami tidak akan mengizinkan idol grup dari Amuse memulai debut sebagai idol gravure, terlalu ekstrim"

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form